Minggu, 10 Februari 2013

[Tips & Trick] Cara bertanya yang baik di dalam Forum



Sudah tidak Asing bahwa Forum-forum Online yang sangat beragam, mulai dari forum hobi,tutorial hingga forum komunitas unik. Di dalam forum forum tersebut pun beraneka ragam, ada yang menjadi komentator, penanya, bahkan mungkin menjadi Silent Reader  di dalam Forum.
Pada umumnya banyak user yang mungkin terasa bandel  dan mungkin akan membuat penghuni forum akan merasa tidak nyaman akan  adanya user tersebut. Pastinya Sahabat Blogger gak mau khan masuk ke user yang di bilang mengganggu tersebut Nah Baphien akan memberikan Tips Bagaimana Cara bertanya yang baik di dalam sebuah forum dunia maya 


Jangan lupa untuk membaca ToS / Peraturan Forum terlebih dahulu


Pastikan sahabat blogger untuk membaca peraturan yang ada di forum / grup yang anda masuki, Terkadang di dalam forum telah ada peraturan tertentu, contohnya seperti tata cara posting pertanyaan, hingga peraturan peraturan khusus.

Gunakan Bahasa yang baik dan benar


Banyak user lain yang sering mengeluh karena bahasa yang mereka tidak mengerti, Usahakan gunakan bahasa yang layak dan etika penulisanpun harus di lihat, Sebisanya jangan terlalu di singkat atau menggunakan bahasa yang tidak di mengerti di dalam forum tersebut. Terkecuali apabila memang semua penghuni grup menggunakan bahasa istilah yang memang mayoritas penghuni forum tersebut paham akan bahasa yang di sampaikan.

Buatlah pertanyaan yang lebih Khusus dalam bertanya


Jangan membuat pertanyaan yang sifatnya umum atau terlalu meluas yang membuat user lain malah jadi balik bertanya.
Gan, Kok di ane gak bisa, kenapa ya ??
Dengan anda bertanya seperti itu, akan membuat User lain malas untuk menjawabnya, maka cobalah anda lebih spesifik dalam bertanya, seperti
Gan ane udah coba tutorial si anu, ane stuk di step nomer 4. tapi kenapa si tukang ciloknya gak muncul ya?? mohon pencerahannya ya gan.
 Nah setidaknya jika sahabat bertanya dengan contoh seperti demikian, User lain akan menjawab lebih spesifik ke permasalahan yang dituju.

Jangan menanyakan pertanyaan yang di tanyakan orang lain


Usahakan sahabat jangan malas untuk sedikit menggali ke halaman sebelumnya di forum / grup untuk melihat apakah ada user lain yang senasib dengan pertanyaan yang sahabat ajukan. Dan jika ada FAQ (Frequently Answer Question) Coba sahabat baca terlebih dahulu, siapa tau di situ ada jawaban yang sahabat cari.

Gunakan Gambar untuk membantu pertanyaan yang kompleks


Sertakan gambar / sreenshoot problem yang sahabat temui untuk mempermudah anda mendapatkan jawaban yang anda maksudkan.
Gan kok di ane speednya cuma dapet segitu ya ?? di agan segitu juga gak ??

Jangan terlalu sering OOT (Out of Topic)


Keluar dari topik tidak terlalu masalah, namun akan sangat mengganggu apabila topik yang sahabat berikan terlalu jauh dengan judul atau komunitas di dalam forum tersebut. Sahabat boleh saja memberi bumbu di dalam forum dengan sedikit humor atau candaan yang sedikit di luar topik pembicaraan. tapi jangan sampai kehilangan konteks topik yang sebenarnya.

Berikan kabar jika berhasil

Pastikan sahabat memberi kabar, apakah masalah yang sahabat dapat itu terpecahkan atau timbul masalah baru, dan jangan lupa untuk berterima kasih pada user yang telah membantu menjawab pertanyaan yang sahabat berikan.

Narsis boleh boleh saja


Tidak dilarang apabila sahabat ingin narsis, malah di sinilah sahabat bisa membuat user lain mengenal sahabat. Namun jangan terlalu berlebihan. Terkadang beberapa user sering mempromosikan blog pribadinya. Boleh saja promosi, tapi harus masuk kedalam topik pembicaraan. atau berhubungan dengan pertanyaan yang ada di forum.

Mungkin masih banyak yang harus dipahami  sahabat untuk dapat di terima di dalam forum, namun setidaknya apabila sahabat mengikuti yang Baphien sampein, pastinya bakal membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar